Selamat Datang di website RSPAU dr.S.HARDJOLUKITO

Jam Besuk : Senin sampai Sabtu | Pukul 11:00 - 13:00 dan 17:00 - 19:00WIB Contact : (0274) 444702

ATLS DI RSPAU dr.S.HARDJOLUKITO



ATLS DI RSPAU

RSPAU dr. S. Harjdolukito kembali mengadakan pelatihan ATLS (Advanced Trauma Life Support). Pelatihan ATLS dilaksanakan 3 hari yaitu pada tanggal 22-24 Maret 2019. Dalam sambutannya Ka RSPAU dr.S.Hardjolukito yang di bacakan oleh Wa Ka RSPAU dr.Djarot Sujatmoko.Sp.KJ “ ATLS (advanced trauma life support) adalah penanganan terhadap pasien korban kecelakaan. pelatihan ini semacam review praktis yang bertujuan agar peserta dapat melakukan diagnose secara tepat dan akurat terhadap pasien trauma, dapat mengerjakan pertolongan secara benar dan sistematis serta mampu menstabilkan pasien untuk mendapat penanganan lebih lanjut”, ditambahkan beliau “Dalam kesempatan ini saya  berpesan kepada seluruh peserta agar dapat mempergunakan kesempatan pelatihan kali ini dengan sebaik-baiknya, yang nantinya akan dapat  meningkatkan kemampuan serta akan memperoleh kompetensi sesuai tuntutan profesi bidang tugas kesehatan”. 

 Pelatihan ATLS  bertujuan agar para Dokter dalam melaksanakan tugas dapat memahami urutan prioritas pengelolaan korban trauma dan mampu dengan cepat dan tepat  menentukan kebutuhan medic korban trauma serta mampu mengorganisasi tata laksana medic dasar korban trauma di Rumah Sakit maupun dilayanan kesehatan lainnya sehingga dapat menjawab kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang berkualitas. “Seorang pasien cedera akibat kecelakaan, dokter pun dengan cekatan menangani luka pasien. Tapi sebelumnya, dokter menganalisa secara medik terlebih dahulu. Cek keseluruhan mulai dari kepala hingga kaki. Dokter memakai prinsip ABCDE, yaitu Airway, Breathing, Circulation, DissabilityExposure. Pertama, dokter membebaskan pernapasan dengan membuat lubang di bagian leher yang menjadi jalur udara. Selanjutnya, dokter memasang neckolar untuk mengantisipasi adanya patah di leher dan kepala. Pelajaran ini didapatkan 34 dokter dari berbagai daerah Indonesia dengan mengikuti pelatihan menangani kegawatdaruratan di RSPAU Hardjolukito, Yogyakarta, Jumat (22/3/2019). Ketua panitia Nur Budiyono mengatakan, simulasi ini adalah bagian dari Advance Trauma Life Support (ATLS) yang digelar di RS Hardjolukito. Para peserta ini mendapat ilmu menangani pasien gawat darurat secara cepat dan tepat.
"ATLS ini adalah standar yang harus dimiliki oleh dokter yang ada di gawat darurat. Sehingga dokter tahu ketika pasien datang dokter sudah tahu apa yang harus dilakukan. Ini mengasah mereka untuk menyelamatkan dalam hitungan detik. Begitu datang, ukurannya detik. Ukurannya detik, harus tahu mana yang harus diutamakan. Bukan ukuran menit dan bukan ukuran jam," kata Nur Budiyono.
Standar dari pelatihan ATLS ini sudah sesuai dengan standar yang diterapkan international. Dengan demikian, para dokter dapat meningkatkan kemampuan para dokter dalam menghadapi gawat darurat. "Standarnya internasional, mau di mana pun sama, bukunya sama. Baik digelar di luar tetap sama. Instruktur juga sudah standar internasional," ujar Nur. Diharapkan, dokter yang lulus dari pelatihan ini dapat mempunyai kemampuan prima dalam menangani kasus trauma gawat darurat. "Harus bisa menangani dan mengetahui jadi dokter harus tahu dan tidak bingung ketika datang pasien," Tambah dr.Nur Budiono.Dok Humas RSPAU