Selamat Datang di website RSPAU dr.S.HARDJOLUKITO

Jam Besuk : Senin sampai Sabtu | Pukul 11:00 - 13:00 dan 17:00 - 19:00WIB Contact : (0274) 444702

Pelatihan Manajemen Aritmia di RSPAU dr.S.Hardjolukito



Pelatihan Manajemen Aritmia di RSPAU dr.S.Hardjolukito

RSPAU Dr. S Hardjolukito melaksanakan pelatihan Manajemen Aritmia. (21/05/19)Bertempat di ruang Diklat

Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara Pelatihan Menejemen Aritmia dilaksanakan Bagian Diklat RSPAU. Sesuai dengan visi-misi RSPAU dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan secara profesional dan paripurna, pengembangan SDM yang professional dan kompeten di bidang pelayanan kesehatan merupakan sebuah keniscayaan. Dengan dilaksanakan pelatihan ini diharapkan pengetahuan dan ketrampilan tenaga kesehatan semakin baik sehingga mutu dan keselamatan pasien RSPAU Dr. S Hardjolukito dapat terus ditingkatkan.

Pelatihan Manajemen Aritmia dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 21-22 Mei 2019 di ruang diklat RSPAU dr. S Hardjolukito dan dibuka oleh Waka RSPAU Kolonel Kes dr. Djarot Sudjatmoko, Sp.KJ dan di ikuti oleh 30 peserta terdiri dari  para dokter muda dan perawat IMC RSPAU. Dalam sambutan Ka RSPAU yang dibacakan oleh Waka RSPAU Kolonel Kes  dr.Djarot Sudjatmoko.Sp.KJ  kepada seluruh peserta, agar dapat mempergunakan kesempatan pelatihan kali ini dengan sebaik-baiknya, yang nantinya akan dapat meningkatkan kemampuan serta akan memperoleh kompetensi sesuai tuntutan profesi bidang tugas.

Pelaksanaan pelatihan kali ini meliputi kuliah interaktif dengan materi sistem konduksi jantung dan EKG, Taki-Aritmia, Bradi-Aritmia, Aritmia Letal serta review dengan Arrhytmia Box. Kepala Diklat RSPAU Letkol Kes Estina Rachmajati, S.T. menambahkan bahwa tujuan diadakan kegiatan pelatihan Manajemen Aritmia ini adalah untuk meningkatkan mutu keselamatan pasien, meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan serta meningkatkan dan mengembangkan SDM dalam pelayanan pasien.

Aritmia sendiri adalah terjadinya sebuah masalah pada irama jantung ketika organ tersebut berdetak terlalu cepat, terlalu lambat atau tidak teratur. Jenis-jenis Aritmia yang paling umum dijumpai antara lain bradikardia. Kondisi ketika jantung berdetak lebih lambat atau tidak teratur. Blok jantung, kondisi ketika jantung berdetak lebih lambat dan bisa menyebabkan seseorang pingsan. Takikardia supraventrikular, kondisi ketika jantung berdenyut cepat secara tidak normal. Fibrilasi atrium, kondisi ketika jantung berdetak sangat cepat, bahkan pada saat sedang beristirahat dan fibrilasi ventrikel adalah jenis Aritmia yang dapat menyebabkan penderitanya kehilangan kesadaran atau kematian mendadak akibat detak jantung yang terlalu cepat dan tidak teratur. Dok Humas