Selamat Datang di website RSPAU dr.S.HARDJOLUKITO

Jam Buka : Senin sampai sabtu - 8:00 - 16:00 Contact : (0274) 444702

REFRESHING BANTUAN HIDUP DASAR UNTUK ANGGOTA RSPAU



RSPAU dr. S. Hardjolukito, Jumat 13 April 2018 mengadakan refreshing bantuan hidup dasar (BHD). Dalam pelatihan tersebut dijelaskan pentingnya Bantuan Hidup Dasar (BHD) untuk diketahui oleh seluruh karyawan yang bekerja pada sebuah rumah sakit, baik itu tenaga medis maupun non medis. Kelangsungan hidup pada korban dengan henti jantung dapat berubah tergantung lokasi kejadian apakah itu terjadi di dalam lingkungan rumah sakit atau di luar lingkungan rumah sakit.

Dalam rangka mendukung moto “Melayani Dengan Profesional dan Penuh Kasih” RSPAU dr. S. Hardjolukito senantiasa berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan keamanan (quality and safety). Berkaitan dengan hal tersebut RSPAU akan melaksanakan penilaian akreditasi yang akan dilakukan oleh SNARS di penghujung tahun 2018. Sehubungan dengan hal tersebut, sejak awal tahun 2018 RSPAU secara berkala melakukan berbagai pelatihan untuk me-refresh kemampuan anggota, salah satunya yaitu bantuan hidup dasar (BHD).

Dalam kegiatan Pelatihan BHD ini peserta pelatihan diberikan Materi tentang Bantuan Hidup Dasar. Dimana Bantuan Hidup Dasar  adalah tindakan darurat untuk membebaskan jalan napas, membantu pernapasan dan mempertahankan sirkulasi darah tanpa menggunakan alat bantu.Tindakan Bantuan Hidup Dasar sangat penting pada pasien dengan henti jantung yang tiga perempat kasusnya terjadi di luar Rumah Sakit dan gagal melakukan usaha penyelamatan sebagai langkah awal dalam bantuan hidup dasar tidak mengetahui lokasi yang tepat untuk kompresi dada pada tindak bantuan hidup dasar. Seiring dengan perkiraan peningkatan kejadian trauma dan pentingnya tindakan bantuan Hidup Dasar pada pasien trauma, maka setiap orang seharusnya terlatih dalam pemberian pertolongan pertama atau Bantuan Hidup Dasar, termasuk kalangan medis dan non medis di RSPAU dr. S. Hardjolukito yang bertujuan diketahuinya gambaran pengetahuan di kalangan karyawan medis dan non medis di RSPAU tentang Bantuan Hidup Dasar, sehingga dapat bermanfaat bagi karyawan untuk lebih memberikan perhatian terhadap ketrampilan Bantuan Hidup Dasar dalam penanganan kegawat daruratan.