Selamat Datang di website RSPAU dr.S.HARDJOLUKITO

Jam Besuk : Senin sampai Sabtu | Pukul 11:00 - 13:00 dan 17:00 - 19:00WIB Contact : (0274) 444702

RSPAU dr. S Hardjolukito Berpartisipasi Dalam Simulasi Crash Team Lanud Adisutjipto Yogyakarta



 

            Telah terjadi kecelakaan pesawat Elang Air di Bandara Adisutjipto Yogyakarta pada pukul 19.21. Korban berjumlah 162 yang terdiri dari 154 penumpang dan 8 crew. Diantaranya 15 meninggal dunia, 23 luka berat, 31 luka sedang, 20 luka ringan dan 73 selamat. Kecelakaan pesawat Elang Air dengan Flight Number EL 103 dari Yogyakarta menuju Kuala Lumpur ini mengalami  troble Engine No 1(satu) atau Fail (terbakar), pilot memutuskan Return To Base (RTB) dan request prioritas landing dengan membawa 154 penumpang dan 8 crew. Engine nomor 1 mengalami kegagalan. Pukul 19.21 LT Elang  Air landing dan swing ke kiri, terhempas sejauh 125 meter meledak dan terbakar di sekitar Taxiway Timur  tepatnya di sektor D 15  pada gridmap Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

Dalam kegiatan kali ini RSPAU dr. S Hardjolukito ikut serta sebagai rumah sakit rujukan pertamapada saat kejadian luar biasa ini terjadi. Dari 162 penumpang, 14 korban di tangani di RSPAU dr. S Hardjolukito diantaranya 7 korban cidera berat, 3 cidera sedang, 4 cidera ringan. Proses penanganan dilakukan oleh Tim Siaga Bencana RSPAU dan para dokter emergency Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSPAU dengan cepat sesuai dengan standar operasional prosedur yang berlaku sehingga para korban mendapatkan penanganan yang tepat. Korban tiba di IGD RSPAU pukul 20.10 WIB dan langsung ditangani oleh tim medis Instalasi Gawat Darurat RSPAU dan dilakukan pendataan identitas korban sebagai informasi untuk keluarga korban oleh tim Humas RSPAU.

          Cerita diatas bukanlah kejadian sesungguhnya. Ini merupakan skenario latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) ke 103 Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. Simulasi kali ini mengusung tema “Dengan latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) ke - 103 di bandar udara internasional Adisutjipto-Yogyakarta, kita tingkatkan pelayanan prima dengan mengedepankan standart keselamatan & keamanan penerbangan untuk mendukung visi perusahaan “connecting the world beyond airport  operator with indonesia experience” ”.
             Setelah kegiatan berlangsung RSPAU mendapat kunjungan dari para pejabat dari Dinas Perhubungan Udara, KNKT dan PT Angkasa Pura 1. Bp Wendo Asrul Rose sebagai direktur operasional Angkasa Pura 1 menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya atas partisipasi Tim Siaga Bencana dan Tim Medis RSPAU serta  menyampaikan bahwa tujuan di laksanakan simulasi ini adalah salah satunya untuk mengetahui kesiapan para medis pada saat malam hari atau pada saat di luar jam kerja.

          “Kami sangat senang sekali RSPAU dapat bergerak cepat dalam ikut mensukseskan latihan kali ini. Latihan ini merupakan latihan rutin yang kami selenggarakan dengan melibatkan berbagai macam instansi salah satunya RSPAU dr. S Hardjolukito”, Ujar direktur operasional Angkasa Pura 1, Bp Wendo Asrul Rose.

            Dalam kesempatan berbeda kepala Komite Medis  RSPAU Kolonel Kes dr. Bambang S. Gunadi, Sp.Rad, MARS mengucapkan terimakasih kepada tim Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) ke 103 Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta atas kesempatan untuk bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini dan menyampaikan rasa bangga kepada tim medis RSPAU dr. S Hardjolukito karena proses penanganan korban berjalan dengan lancar. Semoga dengan adanya simulasi ini akan membuat Tim Siaga Bencana RSPAU akan semakin sigap dalam menangani kegawat daruratan dan bencana.Dok Humas