Selamat Datang di website RSPAU dr.S.HARDJOLUKITO

Jam Besuk : Senin sampai Sabtu | Pukul 11:00 - 13:00 dan 17:00 - 19:00WIB Contact : (0274) 444702

RSPAU Salurkan 50 RIbu Liter Air Bersih ke Paliyan



 

Melanjutkan bakti social dalam rangka HUT TNI ke-74 dan HUT RSPAU dr. S. Hardjolukito yang ke-7, RSPAU kembali melaksanakan misi kemanusiaannya. Tidak kurang 10 tangki air bersih di sumbangkan ke desa yang terdampak kemarau panjang, yakni Dukuh Tahunan Desa Karangduwet Paliyan Gunungkidul. Droping air bersih yang dilaksanakan pada hari Selasa, 15 Oktober 2019 tersebut di berikan langsung oleh Ka RSPAU Marsma TNI dr. Djunadi MS, Sp.KP selain itu turut hadir Ketua Umum PIA AG 001-05-3/G.I RSPAU beserta anggota dengan disambut oleh Camat Paliyan didampingi perangkat desa setempat dan warga Dukuh Tahunan.

Air merupakan sumber kehidupan dan merupakan kebutuhan vital bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya di muka bumi, kandungan air dalam tubuh manusia adalah sekitar 60% – 70% dari berat tubuh itu sebabnya air sangat penting bagi organ-organ dalam tubuh untuk bekerja dengan baik, ujar Ka RSPAU dalam sambutannya. Setiap tahunnya, Dukuh Tahunan tidak pernah absen dari bencana kekeringan, sementara pemerintah kabupaten Gunungkidul hanya dapat memenuhi sebagian kecil dari kebutuhan 14 kecamatan dan sekitar 134 ribu jiwa terdampak kekeringan, tambah Camat Paliyan Drs. Yulihadi Handoyo.

Hujan masih enggan turun di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya, kemarau panjang yang terjadi hingga saat ini memperburuk kondisi kekeringan yang ada di Gunungkidul. Bahkan, dari informasi yang disampaikan oleh Badan Metreologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), musim penghujan di wilayah Gunungkidul baru akan terjadi pada pekan ketiga bulan November. Warga sangat menyambut baik adanya bantuan air bersih yang diberikan RSPAU, selain dapat digunakan untuk memasak, warga juga dapat menghemat pengeluaran guna membeli air bersih yang kini harganya semakin mahal. (Dok. Humas RSPAU)