Selamat Datang di website RSPAU dr.S.HARDJOLUKITO

Jam Besuk : Senin sampai Sabtu | Pukul 11:00 - 13:00 dan 17:00 - 19:00WIB Contact : (0274) 444702

RADIOLOGI



Linear Accelarator

Linear Accelerator (Linac) termasuk ke dalam jenis terapi eksternal. Terapi eksternal adalah jenis Radioterapi dengan peralatan pemancar berkas radiasi berada pada jarak tertentu di luar tubuh manusia. Linac yang terdapat di Instalasi Radioterapi adalah Varian Clinac CX. Varian Clinac CX dilengkapi dengan MLC (MultiLeaf Collimator, 80 leaf) dan EPID (Electronic Portal Imaging Devices) yang digunakan untuk lokalisasi dan verifikasi treatment.

Manfaat Radiotera Linac untuk Pengobatan

Kanker

Radioterapi merupakan terapi dengan menggunakan modalitas sinar pengion untuk membunuh sel kanker, yang bersumber dari radiasi yang dibangkitkan menggunakan Linac atau dengan sumber radioaktif alami contohnya menggunakan Cobalt, atau Iridium dll.

Radioterapi dengan menggunakan Linac relatif lebih nyaman dan aman dari segi proteksi radiasi selama memenuhi standar dan regulasi yang ditetapkan, karena ketika alat dimatikan maka tidak ada radiasi yang terpancar, berbeda dengan sumber radioaktif alami yang terus menerus mengeluarkan radiasi.

Radioterapi lebih umum atau sering digunakan untuk membunuh sel kanker, bisa juga digunakan untuk tumor jinak dengan pertimbangan tertentu. Misalnya yang lokasinya di organ vital seperti otak dan menimbulkan gejala yang mengganggu, contohnya schwannoma, meningioma atau yang telah mengalami kekambuhan berulang, contohnya keloid.

Mengurangi waktu pengobatan dengan Multi Leaves Collimator Pemberian dosis tinggi pada target tertentu Dapat melakukan Stereotacti Body Radiation Therapy (SBRT) / Stereotactic Radiosurgery (SRS) Turunkan dosis non-terapeuti untuk melindungi organ tubuh yang beresiko dan juga berpotensi mengurangi resiko kanker sekunder